Umum

Saat Pandemi, Posyandu Desa Duwet Terapkan Prokes Ketat

Klaten, saktenane.com

Meski saat pandemi, Posyandu Desa Duwet, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, tetap dilaksanakan demi kesehatan balita. Namun dalam pelaksanaannya, tentu saja menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Ketua TP PKK Desa Duwet, Ny Erna Yuli Hastuti Setiyawan Doniyanto mengatakan, demi kesehatan balita dan juga lansia, Posyandu tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Posyandu Balita dan Lansia dilaksanakan setiap bulan untuk mengetahui perkembangan kesehatan balita dan lansia,” ujarnya, Rabu (10/02/2021) pagi.

Ia menjelaskan, protokol kesehatan yang diterapkan dalam pelaksanaan Posyandu, yakni sebelum memasuki lokasi harus cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir ditempat yang sudah disediakan. Semua wajib memakai masker, baik orang dewasa maupun anak-anak balita.

“Setelah itu, semua dicek suhu badannya menggunakan alat thermogun, bagi yang suhu badannya lebih dari 37 derajat Celcius, tidak diperkenankan memasuki lokasi, nmun dirujuk untuk periksa di Puskesmas,” ungkapnya.

Sementara itu Bidan Desa Duwet, Dwi Susilawati menyampaikan, Posyandu yang dilaksanakan di Posyandu Sido Mulyo 2, Dk. Nanggulan ini, selain penimbangan balita dan pemberian PMT juga diadakan pemberian Vitamin A dan obat cacing.

“Untuk lansia, diadakan pemeriksaan kesehatan, pengukuran tensi atau tekanan darah serta konsultasi kesehatan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, di Desa Duwet ada 8 kelompok penimbangan balita yang tersebar di 8 dukuh yang ada. Tujuannya agar kondisi kesehatan bayi, balita, ibu dan lansia bisa terpantau sejak dini. (ino)