Umum

Usaha Rental Molen Jadi Andalan BUMDes Desa Boto

Klaten, saktenane.com

Usaha rental mesin molen jadi andalan BUMDes Sumber Mas, Desa Boto, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten. Pasalnya usaha persewaan mesin molen ini lumayan sering disewa oleh TPK desa setempat dan juga masyarakat umum.

Sekretaris BUMDes Sumber Mas, Adi Suryanto mengatakan, untuk saat ini, unit usaha yang paling menghasilkan , yakni usaha persewaan peralatan penunjang kegiatan pembangunan.

“Karena memang peralatan ini selalu dibutuhkan dalam kegiatan pembangunan, baik yang dilakukan oleh TPK desa maupun masyarakat,” ujarnya, Senin (15/02/2021) pagi.

Ia menyebutkan, untuk unit usaha persewaan peralatan ini, BUMdes mempunyai aset berupa 2 buah mesin molen, 10 buah angkong, ember, sekop, cangkul dan peralatan yang lainnya.

“Jadi masyarakat nggak perlu susah-susah untuk membeli peralatan ketika mau membangun rumah, cukup menyewa di BUMDes saja,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Boto, Sri Rejeki menjelaskan, disamping usaha persewaan peralatan pembangunan, BUMdes Sumber Mas juga menyewakan kursi lipat dan meja untuk kepentingan hajatan, rapat dan acara lainnya.

“BUMDes juga punya pom bensin mini yang melayani penjualan pertalite,” ucapnya.

Ia menambahkan, rencananya BUMdes juga akan mengelola kolam pemancingan yang sudah ada. Selama ini kolam disewakan kepada pihak ketiga.

“Saya berharap, kedepan BUMDes jadi penopang PAD agar desa bisa mandiri,” imbuhnya. (ino)