Umum

Cuaca Ekstrem, Kades Klepu Imbau Warga Untuk Waspada

Klaten, saktenane.com

Cuaca ekstrem akhir-akhir ini, membuat Kepala Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, memberikan imbauan kepada warganya untuk waspada.

“Cuaca yang ekstrem, pagi hari cuaca panas, tiba-tiba siang turun hujan deras, disertai petir dan angin. Warga harus waspada,” ujar Kepala Desa Klepu, Mustofa, Jumat (19/02/2021) pagi.

Ia mengimbau, warga yang memiliki pohon yang besar, yang sekiranya rawan tumbang, agar ditebang atau dirempel agar apabila terjadi angin tidak membahayakan.

“Kalau dianggap membahayakan, ya ditebang, setidaknya dipronggol atau dirempel agar kalau terjadi angin kencang dahannya tidak patah mengenai orang maupun bangunan rumah,” jelasnya.

Ia menyebutkan, mungkin harga jual pohon tidak seberapa, namun apabila tumbang dan mengenai orang atau rumah maka akan berakibat fatal dan bakal mengeluarkan beaya yang tidak sedikit.

“Bencana datangnya tidak terduga, untuk itu kita harus melakukan antisipasi sejak dini,” tandasnya.

Menurut Mustofa, selain angin, banjir juga harus diwaspadai, mengingat sudah sangat sering wilayahnya menjadi langganan banjir saat musim penghujan.

“Saluran drainase jangan sampai ada yang mampet. Jangan sampai kebanjiran lagi seperti tahun-tahun yang lalu,” imbaunya. (ino)