Umum

Peningkatan Kapasitas PKK, Prioritas Desa Ngreden 2022

Klaten, saktenane.com

Peningkatan kapasitas PKK menjadi prioritas Desa Ngreden, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Tahun Anggaran 2022. Hal itu sudah menjadi prioritas usulan pada Musrenbangdes (musyawarah perencanaan pembangunan desa) Tahun 2022 yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Kepala Desa Ngreden, Sunarto menyebutkan, dalam peningkatan kapasitas PKK nantinya, akan dilaksanakan pelatihan ketrampilan, pelatihan wira usaha dan juga pemanfaatan pekarangan agar bisa menghasilkan hal yang bermanfaat bagi keluarga.

“Pemanfaatan lahan pekarangan, nantinya utk penanaman sayur sayuran (warung hidup) dan tanaman obat obatan (apotik hidup),” ujar Sunarto, Kamis (18/02/2021)siang.

Rencana kedepan, menurut Sunarto, di setiap RT nantinya dibelikan bibit tanaman untuk ditanam di pekarangan. Bagi yang tidak punya pekaranagan luas, bisa memanfaatkan botol bekas dan barang bekas lainnya untuk media tanam.

“Untuk meringankan beban warga, agar tidak usah membeli sayuran, cukup memetik di pekarangan sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, anggaran juga akan digunakan untuk mengoptimalkan program Hatinya PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera.

“KWT Sejahtera sudah aktif, namun harus ditingkatkan lagi, agar bisa menjadi sumber pendapatan keluarga,” jelasnya. (ino)