Umum

Peduli Sosial, Warga Perumahan Kurung Indah Gelar Donor Darah Rutin

Klaten, saktenane.com

Sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan, warga Perumahan Kurung Indah, Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) donor darah yang dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klaten.

Sebanyak 21 warga berpartisipasi mendonorkan darahnya yang dilaksanakan di Aula TPQ Al Furqon, Perumahan Kurung Indah, Minggu (28/02/2021).

Ketua Panitia Donor Darah, Ilyas Pramono menyampaikan, bakti sosial donor darah ini merupakan agenda rutin setiap 3 bulan sekali yang melibatkan warga kompleks perumahan dan juga warga dari luar perumahan.

“Alhamdulillah, saat ini ada 21 orang yang donor darah. Kegiatan sosial warga disini berlangsung sejak dua tahun yang lalu,” kata Ilyas.

Menurutnya, bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan warga untuk sesama. Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi contoh yang positif.

“Jadi pahlawan tidak harus terkenal. Dengan donor darah ini bisa menolong sesama,” ungkapnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Kurung, Aiptu Muklis Budi Santoso mengatakan, adanya program donor darah ini sangat membantu warga yang setiap saat membutuhkan darah.


“Saya apresiasi dan salut serta mendukung program bakto sosial donor darah secara rutin yang dilakukan warga Kurung Indah ini,”tandasnya.

Di tempat yang sama, petugas dari Unit Donor Darah PMI Klaten, Tri Susanto mengapresiasi kegiatan donor darah di tengah pandemi Vovid-19 ini. Pasalnya, saat ini stok darah di PMI Klaten semenjak pandemi Covid 19 ini minim sekali.

“Untuk syarat bagi warga yang donor darah harus memenuhi diantaranya berat badan di atas 50 kg,
tidak minum obat selama tiga hari terakhir, usia 17-60 tahun, HB diatas 12,5 dan tekanan darah normal atau kisaran 120/90,” jelasnya. (ino)