Umum

TMMD Sengkuyung I Cilacap Optimalkan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Cilacap,  saktenane.com

Pemkab Cilacap mendukung kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2021 Desa Karangkemiri, Kecamatan Jeruklegi, yang baru dimulai. Pada giat itu, sosialisasi penerapan protokol kesehatan juga digencarkan.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji didampingi Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, menyatakan, di TMMD ini kegiatan nonfisik tak banyak dilakukan karena adanya pandemi Covid-19.

“Kegiatan nonfisik lebih dioptimalkan pada sosialisasi protokol kesehatan, untuk mendukung pemerintah guna memutus penyebaran Covid-19,” kata Tatto pada pembukaan TMMD, baru-baru ini.

Dia menambahkan, ada juga giat nonfisik lain, yaitu sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap, edukasi adaptasi kehidupan baru dari Dinas Kesehatan, pelayanan KB, dan pengobatan ternak dari Dinas Pertanian.

Bupati menyampaikan, TMMD merupakan wujud sinergitas antara TNI dan pemerintah daerah dalam upaya membangun negeri. Sekaligus, memupuk kebersamaan dan semangat gotong royong.

“Melalui TMMD kita dapat bersinergi, bahu membahu dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran. Mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, serta memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme,” jelasnya.

Perlu diketahui, sasaran kegiatan TMMD Sengkuyung Desa Karangkemiri yakni pengaspalan jalan sepanjang 1.390 x 3 meter, pembangunan satu unit lapangan voli, dan pembangunan dua unit MCK.

Beberapa perusahaan juga berpartisipasi dalam penyaluran bantuan kepada pemerintah desa melalui program corporate social responsibility (CSR).**