Umum

Vaksinasi Covid-19 di Pekalongan Targetkan 4500 Pelayan Publik

Pekalongan,  saktenane.com

Vaksinasi Tahap II Covid-19 di Kota Pekalongan menyasar 4.500 orang. Targetnya, mulai dari pelayan publik di lingkungan Pemkot Pekalongan hingga petugas stasiun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi tahap II, termin pertama bagi para pelayanan publik ini telah dilakukan sepekan kemarin.

“Targetnya minimal untuk vaksinasi tahap II termin pertama ini 4.500 orang penerima, sampai hari ini sudah tercapai sekitar 4.000-an (orang). Seperti yang dilaksanakan hari ini vaksinasi menyasar untuk para pegawai Dinas Kominfo dan BKPPD, yang kami pusatkan jadi satu di Kantor Dinas Kominfo Kota Pekalongan,” terang Budi, beberapa waktu lalu.

Sementara, lanjutnya, bagi jajaran TNI akan segera menyusul setelah ASN Pemkot divaksin.

Hingga Senin (1/3/2021), ia belum menerima adanya laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Namun demikian, ada beberapa sasaran yang tertunda dilakukan vaksinasi, karena kondisi tubuh yang kurang fit, baru pulih dari sakit, memiliki tekanan darah tinggi, dan sebagainya. Mereka dijadwalkan vaksinasi susulan.

Selain itu, petugas di Stasiun Kota Pekalongan juga mendapatkan jatah suntik vaksin. Kepala Stasiun Kereta Api Pekalongan Murti Marasih menyampaikan, sebanyak 55 orang pegawainya ikut dalam daftar vaksinasi.

“Kami sebagai petugas stasiun yang melayani publik setelah divaksin ini harapannya lebih terjaga atau was-was terpapar. Meskipun sudah divaksin, tentu kami harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Vaksin menjaga kita, kita tetap menjaga protokol kesehatan,” tandas Murti.

Ia menambahkan, untuk fasilitas stasiun disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di banyak titik, serta mengondisikan jaga jarak kursi.**