Umum

Hadapi Pandemi, Warga Desa Mrisen Terapkan Gerakan Jogo Tonggo

Klaten, saktenane.com

Dalam menghadapi situasi pandemi, warga Desa Mrisen, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten menerapkan Gerakan Jogo Tonggo.

Kepala Desa Mrisen Joko Edi Wiyono melalui Sekdes Mrisen Supoyo menyampaikan, dalam menghadapi pandemi, masyarakat menerapkan Gerakan Jogo Tonggo untuk membantu warga yang sedang terpapar Covid-19.

“Gerakan jogo tonggo berjalan baik, iuran dana swadaya masyarakat untuk membantu warga yang sedang melakukan isolasi mandiri dirumahnya,” ujar Supoyo, Rabu (24/03/2021) pagi.

Ia menjelaskan, iuran warga tersebut digunakan untuk membelikan makanan dan kebutuhan harian bagi tetangga di lingkungannya yang sedang isolasi mandiri.

“Untuk membelikan sembako, lauk, daging, bandeng, sayuran dan buah. Dari satgas Covid-19 desa juga memberikan bantuan logistik untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya,” ungkapnya.

Menurut Supoyo, selain Posko PPKM di kantor desa, di setiap RW juga didirikan Posko PPKM. Untuk Posko PPKM desa ada yang berjaga antara 5 sampai 6 orang petugas setia malam. Mereka terdiri dari unsur Linmas, perangkat desa, BPD, RW, RT, bidan desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

” Juga disediakan rumah isoman disebelah kantor desa, pernah digunakan untuk 4 orang yang isoman dalam waktu yg berlainan. Ada dapur umum dan kamar mandi,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini Desa Mrisen berada di Zona Kuning. Ada yang positif 4 orang dan sedang menjalani isolasi mandiri dirumah masing-masing.

“Penyemprotan juga berjalan secara rutin untuk mencegah penularan Covid-19,” imbuhnya. (ino)