Umum

Desa Juwiring Fasilitasi Pengurusan KIA Kolektif Secara Gratis

Klaten, saktenane.com

Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten memfasilitasi pengurusan Kartu Indentitas Anak (KIA) secara kolektif dan tidak dipungut beaya apapun.

Kepala Desa Juwiring, Sugiyarta mengatakan, KIA itu diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, KTP anak ini terdiri dari 2 jenis. Yaitu untuk anak yang berusia 0-5 tahun dan untuk anak 5 sampai 17 tahun,” ujar Sugiyarta, Rabu (24/03/2021) pagi.

Ia menjelaskan, banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak memiliki KIA. Misalnya ketika anak mengalami kejadian di jalan ketika sedang tidak bersama anggota keluarga, akan mudah untuk ditelusuri asalnya.

“Kalau misalnya ada musibah yang menimpa anak, seperti hilang atau kecelakaan, bisa dicek melalui identitas yang dimilikinya, karena alamat yang tercantum itu bukan alamat sekolah, tapi alamat rumah. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal buruk menimpa anak-anak kita semua,” jelasnya.

Adapun syarat pengurusan KIA menurut Sugiyarta, anak WNI yang belum berusia 5 tahun tetapi belum memiliki KIA, harus memenuhi persyaratan yakni fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya; KK asli orang tua/wali; dan KTP asli kedua orangtuanya/wali.

“Sementara, bagi anak WNI yang telah berusia 5 tahun tetapi belum memiliki KIA harus memenuhi persyaratan adalah fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya; KK asli orangtua/wali; KTP asli kedua orangtuanya/wali; Pas foto Anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk ajuan KIA secara kolektif ada 141. Untuk anak yang usia dibawah 5 tahun ada 10 anak. Untuk sementara ada yang tertunda 4 karena NIK nya non aktif.

“Semua sudah jadi dalam waktu 2 pekan, gratis tidak dipungut beaya apapun. Untuk yang NIK non aktif sedang kami daftarkan secara online,” imbuhnya. (ino)