Umum

Dengan Uji Kompetensi, Diharapkan Lulusan SMKN 1 Klaten Terserap Dunia Kerja

Klaten, saktenane.com

Dengan uji kompetensi, diharapkan lulusan SMK Negeri 1 Klaten terserap dunia kerja. Untuk saat ini, SMKN 1 Klaten, secara serentak pada 6 bidang keahlian, melaksanakan uji kompetensi setelah mendapatkan ijin dari gugus tugas covid-19 setempat.

Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMKN 1 Klaten Sri Yulianti yang diwakili oleh Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia, Eko Juliyanto menyampaikan, uji kompetensi ini baru dilaksanakan pertama kali untuk bidang keahlian multimedia.

“Dulu direncanakan pada saat awal pandemi, tahun yang lalu tapi tidak jadi dilaksanakan. Untuk jurusan yang lain sudah melaksanakan, yakni administrasi perkantoran dan broadcasting,” ujar Eko Juliyanto, Selasa (06/04/2021) pagi.

Ia menyatakan, karena situasi pandemi, pihaknya melaksanakan uji kompetensi ini dengan protokol kesehatan secara ketat, sesuai arahan dari gugus tugas covid-19.

“Setiap kelompok dibatasi hanya 10 siswa, jadi butuh waktu cukup panjang untuk pelaksanaannya. Dimulai tanggal 01 April sampai dengan 10 April 2021,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, nantinya siswa yang ikut uji kompetensi dan dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Dengan memperoleh sertifikat tersebut, maka dapat memberikan nilai tambah bagi siswa itu sendiri sebagai bekal untuk terjun di masyarakat, baik dalam bekerja maupun wirausaha. Tentu saja lebih mudah diterima di dunia kerja,” jelasnya.

Eko menambahkan, tahun ini siswa SMKN 1 Klaten, Cornelius Bryan Indriantara berhasil menyabet Juara 1 tingkat provinsi dan Juara 5 tingkat nasional dalam lomba kompetensi siswa (LKS). Event tahunan ini diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan tingkat dunia World Skill Competition.

” Sedangkan Tria Indah Lestari berhasil meraih Juara 2 tingkat provinsi untuk kategori animasi 2 dimensi,” imbuhnya.

Sementara itu, Tim Asesor dari LSP SMKN 1 Boyolali, Nahudi mengatakan, di SMKN 1 Klaten ini, sarana prasarana untuk uji kompetensi sudah cukup memadai, baik ruangan, peralatan maupun sarana prasarana administrasi.

“Kesiapan siswa juga cukup bagus, walaupun dalam keadaan pandemi, semua tuntutan di unit-unit kompetensi bisa terpenuhi,” paparnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment