Umum

Alhamdulillah, Hampers UMKM Rembang Tembus Omzet 370 Juta Rupiah

Rembang, saktenane.com
Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Semen Gresik (SG) melalui Rumah BUMN Kabupaten Rembang pada akhir bulan Ramadan lalu mengerjakan pemesanan 1.350 hampers (parsel lebaran), dengan omzet sebesar Rp370 juta.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR Semen Gresik (SG), Dharma Sunyata menyampaikan, melonjaknya pemesanan di tahun ini, menunjukkan UMKM binaan Rumah BUMN sudah bangkit dengan produk lebih berkualitas, berkelas, dan banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Menurutnya, keberhasilan itu tak lepas dari kuatnya jalinan kemitraan antara SG dengan berbagai pihak, untuk turut mempromosikan dan memasarkan produk. Terlebih, Gubernur Jawa Tengah juga sempat menggalakkan program belanja produk parsel lebaran dari UMKM.

“Sebenarnya saat merilis produk UMKM ini, kami terlambat start, yaitu sekitar minggu pertama Ramadan. Namun, animo masyarakat sangat tinggi, sehingga target penjualan yang semula 500 paket pesanan, dapat mencapai hingga 1.300-an paket,” kata Dharma saat melakukan pers release di Kantor Semen Gresik Rembang, Kamis (20/5/2021).

Ditambahkan, suksesnya pemasaran hampers ini juga berkaitan dengan keberhasilan UMKM Kokoh, yakni sekolah pelatihan untuk pelaku UMKM yang meliputi tiga tahapan. Antara lain, kelas I untuk packaging dan branding, kelas II untuk positioning dan canvasing, dan kelas III untuk digital marketing.

Dharma menegaskan, Rumah BUMN tidak mengambil komisi atau keuntungan dari harga produk yang ditawarkan UMKM. Sebaliknya, Rumah BUMN membantu memasarkan, baik secara door to door marketing ke berbagai instansi maupun melalui platfom digital.

“Keberadaan Rumah BUMN merupakan bentuk dukungan nyata kami untuk memajukan UMKM dan menjadikan produknya sebagai raja di negeri sendiri. Kita juga berharap, ke depan Rumah BUMN mampu menjadi pusat rujukan oleh-oleh Rembang dengan harga paling kompetitif,” tandasnya. (ino)

Sumber: Diskominfo Rembang