Umum

Jembatan Sudah Jadi, Kini Warga Butuh Sidowarno Punya Akses ke Solo dan Sukoharjo

Klaten,  saktenane.com

Jembatan yang sangat didambakan oleh warga Dk. Butuh, Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari,  Kabupaten Klaten kini sudah rampung dan bisa dimanfaatkan oleh warga untuk akses jalan ke  wilayah  Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo. 

Kepala Desa Sidowarno,  Joko Sumarno menjelaskan,  jembatan yang sudah selesai dibangun ini merupakan harapan semua warga Dk. Butuh untuk memudahkan akses transportasi. 

“Sudah lama masyarakat ingin punya akses jalan yang memadai untuk transportasi. Alhamdulillah sekarang bisa terwujud,” ujar Joko Sumarno,  Jumat (04/06/2021) siang. 

Menurutnya,  jembatan yang dibangun di atas alur Kali Mati Bengawan Solo ini menghubungkan Dk. Butuh dengan Desa Parangjoro,  Kecamatan Grogol,  Kabupaten Sukoharjo. 

“Dulu kan lebarnya cuma 2 meter,  sekarang lebarnya menjadi 5 meter, dengan panjang 72 meter. Sudah cukup memadai untuk kelancaran transportasi warga,” ungkapnya. 

Sementara itu Perangkat Desa setempat,  Budayanti menyatakan,  jembatan impian warga ini dibangun secara bertahap dari berbagai sumber dana, termasuk swadaya masyarakat. 

” Total anggaran mencapai 500 juta rupiah. Sumber dananya dari CSR BNI 175 juta, CSR Pupuk Pusri 160 juta, BKK Tahun 2019 50 juta, Dana Desa  Tahun 2020  dan 2021 total 40 juta, dan swadaya masyarakat sebesar  75 juta rupiah,” jelasnya. (ino