Umum

Tidak Tertib Isoman, OTG Bakal Dijemput Paksa

Klaten, saktenane.com
Masih tingginya angka penularan Covid 19 di di wilayah Kabupaten Klaten, menjadi pencermatan Pemkab setempat. Satuan Tugas (Satgas) Penangan Covid 19 Kabupaten Klaten pun meningkatkan upaya pengawasan guna menekan angka penyebaran.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Ronny Roekmito mengatakan angka penularan Covid 19 di Klaten masih mengalami fluktuasi. Hal ini berdampak pada kurva Covid 19 di Klaten tidak segera melandai.

“Setelah kami analisa, ternyata salah satu penyebabnya adanya kurang disiplinnya penerapan isolasi mandiri bagi OTG (orang tanpa gejala),” paparnya, Kamis (10/06/2021).

Menurutnya pasien atau masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri, baik di desa maupun di tempat isolasi terpusat tingkat kecamatan, seharusnya tidak melakukan kontak dengan keluarga, saudara, maupun orang sekitar. Namun dalam pelaksanaannya, banyak pasien yang sedang isolasi justru melakukan kontak erat.

“Imbasnya angkanya tidak turun justru melebar penularan,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini, pejabat yang menjadi Koordinator Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Klaten ini mengatakan satgas akan memperketat pengawasan isolasi mandiri. Bagi OTG yang tidak melaksanakan isolasi mandiri dengan disiplin, pihaknya tidak segan untuk melakukan penjemputan OTG untuk dialihkan ke tempat isolasi terpusat seperti di asrama haji Donohudan, Boyolali.

“Ya kalau tidak disiplin, akan dijemput oleh satgas untuk menjalani isolasi terpusat. Tujuannya untuk memastikan isolasi dilakukan dengan disiplin,” katanya. (ino)