Umum

Masa PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Desa Gondangsari Gencarkan Penyemprotan Disinfektan

Klaten, saktenane.com
Tren angka positif Covid-19 yang terus meningkat di Indonesia pada umumnya dan Klaten pada khususnya, membuat semuanya merasa was-was. Untuk antisipasi agar penyebaran virus tersebut tidak sampai menjalar ke wilayahnya, Satgas Covid-19 Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten menggencarkan kegiatan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah desa setempat.

Ketua Satgas yang juga menjabat Kepala Desa Gondangsari, Suhadi mengatakan, naiknya angka positif Covid-19 di beberapa wilayah membuat dirinya prihatin.

“Kami bersama satgas desa berembug, bagaimana cara menanggulangi agar penyebaran virus Covid-19 tidak menjalar ke sini,” ungkapnya, seusai penyemprotan disinfektan di desa setempat, Senin (05/07/2021) siang.

Ia menjelaskan, langkah yang segera diambil adalah, selain mensosialisasikan peraturan yang harus ditaati selama masa PPKM Darurat kepada masyarakat, satgas juga melakukan penyemprotan disinfektan secara massal.

“Penyemprotan melibatkan 6 Relawan Rescue Desa, yang dipimpin oleh Ketua Relawan, Kadus 1Waluyo dan Kadus 3 Wiji Mulyono serta dibantu oleh masyarakat,” ujarnya.

Adapun tempat yang menjadi sasaran penyemprotan, menurut Suhadi, fasilitas umum, masjid, mushola dan jalan yang sering dilalui warga.
“Dalam pelaksanaan penyemprotan, sekaligus sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan melalui pengeras suara,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelum kegiatan, terlebih dahulu diadakan Apel di kantor desa yang dipimpin oleh kepala desa dan kemudian dilanjutkan penyemprotan di 10 Dukuh yang ada di desa setempat.

“Dukuh Panjangan, Jetis, Karangwuni, Losari, Kedungpacul,Gondangsari, Titang, Tegalan, Gondanglegi dan Padas. Ada 24 RT dan 9 RW. Warga yang Isoman ada 2 KK jumlahnya 5 orang.
Kebutuhan logistik disuplai dari desa,” imbuhnya. (ino)