Umum

Untuk Memperlancar Angkutan Pertanian, Jalan Poros Desa Gondangsari Dibuat Lebar

Klaten, saktenane.com
Untuk memperlancar angkutan pertanian, jalan poros Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten dibuat lebar agar saat panen, kendaraan truk pengangkut hasil pertanian tidak mengalami kesulitan.

Kades Gondangsari Suhadi menyampaikan, prioritas pembangunan di desa yang dipimpinnya adalah bidang pertanian.
“Kebutuhan utama petani itu, benih, pupuk dan air. Kemudian harus ditunjang dengan akses untuk mengangkut hasil panen,” ujarnya, Senin (04/07/2021) siang.

Menurut Suhadi, kebutuhan benih dan pupuk untuk petani, di desa setempat sudah ada kelompok tani. Sedangkan kebutuhan air untuk irigasi sudah dikelola oleh P3A atau Darma Tirta.

“Pemerintah desa menyiapkan sarana dan prasarananya. Talud irigasi dan jalan usaha tani. Untuk jalan usaha tani yang ini, karena juga sekaligus poros desa maka dibuat lebar. Lebar betonisasinya 5 meter, berikut badan jalan, lebarnya 8 meter,” jelasnya.

Ia menjelaskan, betonisasi jalan usaha tani yang berada di sebelah barat Dk. Karangwuni ini, dianggarkan dari dana desa tahun 2021 dengan pagu anggaran 170 juta rupiah.

“Panjang betonisasi 200 meter, lebar 5 meter, dengan ketebalan 15 centimeter. Campuran juga dibuat bagus, biar awet, karena tanah disini tergolong labil,” ungkapnya. (ino)