Umum

Kini Ada Teman Gardagita di Solo

Surakarta, saktenane.com
Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi (Teman Gardagita) di Loji Gandrung, Kamis (23/09/2021). Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses benda cagar budaya melalui telepon pintar.

“Di era milenial ini kita harus mengikuti perkembangan zaman, makanya cagar budaya di Solo dapat kita akses secara online. Kita masukkan di (aplikasi) Solo Destination. Ini lebih memudahkan, ini tuntutan zaman,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Agus Santoso.

Agus Santoso mengatakan dalam aplikasi Solo Destination ini terdapat beberapa informasi mengenai wisata budaya dan cagar budaya serta beberapa informasi lainnya.

“Di sana (Solo Destination) wisata budaya ada, cagar budaya ada, informasi budaya nanti bisa dilihat disana langsung. Memang baru Kecamatan Laweyan dan Pasar Kliwon nanti akan kami proses terus,” imbuhnya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming menyambut baik inovasi Teman Gardagita sebagai upaya mengenalkan budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi.

“Inovasi ini diharapkan dapat mengenalkan cagar budaya kepada generasi muda dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Semoga warga Solo dapat memanfaatkan dan mengetahui cagar budaya dengan digitalisasi dan menyejahterakan masyarakat serta mewujudkan Solo sebagai Smart Culture,” ucapnya.