Umum

Desa Trasan, Semua RW Ada Hatinya PKK

Klaten, saktenane.com
Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Klaten menggelar lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK Tingkat Kabupaten Klaten. Saat melakukan penilaian di Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Rabu (29/09/2021), Ketua TP PKK Kabupaten Klaten Ny Endang Yoga Hardaya beserta rombongan berkeliling ke sejumlah RW di Desa Trasan guna melihat taman Hatinya PKK yang dikembangkan di semua RW di Desa Trasan.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Trasan Feri Ariningsih Riyadi menjelaskan, program Hatinya PKK Desa Trasan sudah dikembangkan sejak beberapa tahun terakhir dan menjadi program kerja Pokja 3, yakni pemanfaatan pekarangan di sekitar rumah dengan menanami tanaman hias dan tanaman produktif.

“Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga. Supaya tidak usah membeli sayuran, bahkan malah bisa menjualnya ke tetangga apabila hasil panennya banyak. Apalagi di saat pandemi ini juga agar mereka tetap di rumah saja, mengurusi tanaman yang menghasilkan. Bahkan di Desa Trasan juga ada Warung PKK yang dikelola ibu-ibu PKK. Di Warung PKK yang juga berada di sisi barat Taman Hatinya PKK Trasan ini kebutuhan sayurannya juga disuplai dari taman ini,” jelasnya.

Ny Feri Ariningsih Riyadi yang juga istri Kades Trasan Riyadi ini menegaskan, Hatinya PKK di Desa Trasan, selain berada di sebelah utara Kantor Desa Trasan sebagai induk dan percontohan, juga riil (nyata) terdapat di masing-masing RT/RW.
Belum lama ini, TP PKK Desa Trasan juga mengadakan lomba Hatinya PKK Desa Trasan diikuti 11 RW.

“Di taman induk, ada berbagai tanaman, diantaranya jahe, kunir, lengkuas, kunci, sere, jeruk lemon, jeruk nipis dan lidah buaya. Semua tanaman ini dapat diolah menjadi minuman herbal disaat pandemi ini guna pencegahan Covid-19. Bahkan, juga ada tanaman liar yang bisa dijadikan obat seperti ciplukan, rumput mutiara, patokan kebo, meniran, krokot, alang-alang dan masih banyak lagi. Semua ada gambar dan manfaat serta cara penggunaanya ada di kebun herbal PKK Trasan,” jelasnya.

Selain itu, katanya, berbagai sayu ran juga tumbuh subur dan juga dikembangkan budidaya berbagai bunga, selain untuk keindahan juga bisa dijual belikan yang nantinya akan menjadi aset PKK. “Ada Bunga Anggrek yang ke depan diharapkan jadi ikon Trasan,” ungkapnya. (ino)