Wisata

Promosikan Potensi Wisata, Desa Sidowarno Gelar Pelatihan Jurnalistik

Klaten, saktenane.com

Dalam rangka menuju desa wisata, generasi muda diharapkan dapat mempublikasikan potensi wisata yang ada di Desa Sidowarno melalui media sosial dan internet. Untuk itu pemerintah Desa Sidowarno menggandeng Astra Affiliated Company (AFFCO) Solo, mengadakan workshop jurnalistik bertajuk “Pemanfaatan Cinematography dalam publikasi desa wisata kampung berseri Astra” tepatnya di Dk. Butuh, Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Sabtu (03/10/2020).

AFFCO merupakan grup Astra yang membawahi beberapa perusahaan seperti Astra Daihatsu, Astra Motor, Astra Isuzu, Astra Peugeot, FIFGROUP, Astra Otoparts, Trac, dan asuransi Astra.

Kepala Desa Sidowarno, Joko Sumarno mengatakan, selama ini Desa Sidowarno terkenal sebagai desa pengrajin tatah sungging dan payet. Seni tatah sungging adalah salah satu jenis kesenian di bidang seni kriya. Seni tatah sungging adalah seni yang terbentuk dari seni tatah berarti memahat dan sungging berarti mewarnai. 

“Penjualan tatah sungging dan payet tidak hanya di negeri sendiri, namun sudah menembus pasar luar negeri seperti Malaysia. Negara tersebut kerap menjadi langganan ekspor wayang kulit dari sini,” ungkap Joko Sumarno, Rabu (07/10/2020) siang.

Menurut Kades Sidowarno, dengan adanya kegiatan workshop jurnalistik diharapkan para peserta dapat mengenalkan potensi desa Sidowarno kepada khalayak umum yang sebentar lagi diharapkan menjadi desa wisata.

“Melalui karya Cinematography Jurnalistik berupa video pendek, nantinya mereka akan memperkenalkan desa ini melalui internet dan media sosial. Selain sebagai desa perajin tatah sungging dan payet , desa ini juga sudah mendirikan bank sampah dan menjadi sumber penghasilan bagi warga di tengah pandemi covid-19,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Desa Sidowarno akan membangun wisata air yang berlokasi di alur kali mati (bekas bengawan) sepanjang 1 kilometer. Masterplan untuk destinasi wisata milik desa ini juga sudah selesai dikerjakan.

” Nantinya disitu akan dibangun tempat rekreasi keluarga, ada bebek air, ada tempat kuliner dan sebagainya,”jelas pak kades.

Untuk menunjang agar potensi desa menjadi maju, PT Astra membangun program empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan  yang diterapkan di Desa Sidowarno. Yakni pilar kesehatan, pilar pendidikan, pilar kewirausahaan, dan pilar lingkungan. Warga desa harus menjalankan pilar tersebut agar Desa Sidowarno semakin maju dan sejahtera. (ino)