Umum

BUMDes Desa Kuncen Tetap Eksis Ditengah Pandemi

Klaten, saktenane.com

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten tetap eksis ditengah pandemi Covid-19. Pasalnya BUMdes ini memiliki beberapa unit usaha yang tidak terpengaruh dengan adanya situasi pandemi.

Kepala Desa Kuncen, Muryadi menyampaikan, BUMDes di Desa Kuncen tetap eksis walaupun dalam situasi pandemi. Bidang usaha yang dijalankan yakni, persewaan kios, persewaan mesin molen, toko pupuk dan obat-obatan pertanian serta toko kelontong tetap berjalan.

“Yang agak berkurang hanya unit usaha persewaan meja kursi saja. Karena untuk saat kemarin, hajatan tidak diperbolehkan,” ujar Muryadi, Rabu (21/10/2020).

Sementara itu Direktur BUMDes Doa Ibu, Nur Cholis menjelaskan, untuk saat ini BUMDes yang dipimpinnya sedang menggarap bansos BSNT Provinsi Jawa Tengah untuk 9 desa di wilayah Kecamatan Ceper.

“Kami juga mendapatkan bantuan ketahanan pangan senilai 20 juta rupiah dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Nantinya bantuan ini untuk membesarkan unit usaha toko kelontong dan sembako,” terangnya.

Untuk unit usaha persewaan kios menurut Nur Cholis, pihaknya memiliki aset 6 kios yang disewakan untuk warga desa Kuncen. Semua kios sudah tersewa.

“Untuk usaha toko pupuk dan obat obatan pertanian, pihaknya menyediakan pupuk subsidi maupun yang non subsidi serta berbagai obat semprot untuk pertanian,” ungkapnya.

Nur Cholis berharap BUMDes Doa Ibu kedepan bisa menjadi tulang punggung untuk menghasilkan PAD bagi Desa Kuncen, sehingga bisa menjadi desa yang mandiri. (ino)