Umum

87% Warga Desa Butuhan Delanggu Sudah Terima Bansos Covid-19

Klaten, saktenane.com

Tercatat warga Desa Butuhan, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, yang sudah menerima bansos Covid-19 sebanyak 87,89% dari total jumlah kepala keluarga (KK) yang terdata. Hal ini disampaikan Kepala Desa Butuhan saat penyaluran bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Kabupaten Klaten tahap 5 di aula kantor desa setempat, Selasa (27/10/2020) pagi.

Kepala Desa Butuhan, Jonet Prabowo mengatakan, jumlah KK yang terdata sebanyak 578 KK, sedangkan yang sudah tercatat menerima bansos sejumlah 508 KK, yang belum menerima bantuan sosial sebanyak 70 KK.

“Kalau diprosentase, yang sudah menerima bansos 87,89 %, tidak bisa semua mendapatkan. Warga yang tercatat dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) sebanyak 300 KK,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, jumlah bantuan sosial yang sudah diterima warga diantaranya, PKH sejumlah 57 KK, BPNT 105 KK, BPNT Perluasan Sembako 82 KK, BST Kemensos via Bank Himbara 17 KK, BST Kemensos melalui kantor pos 63 KK.

” Sedangkan penerima BSNT Provinsi Jawa Tengah sebanyak 70 KK, bansos JPS Kabupaten Klaten sejumlah 90 KK dan BLT Dana Desa ada 41 KK penerima,” ujar pak kades.

Sedangkan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di desanya, menurut Jonet, ia menganggarkan sebanyak 50 juta rupiah dari anggaran dana desa.

“Anggaran tersebut untuk membeayai penyemprotan disinfektan, pembagian masker, dan penyediaan tempat untuk isolasi mandiri beserta persiapan cadangan kebutuhan warga apabila ada yang diisolasi mandiri. Tempatnya di bekas SDN1 Butuhan,” jelasnya.

Jonet Prabowo berharap masyarakat menaati protokol kesehatan, selalu memakai masker agar pandemi ini segera berakhir sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktivitas secara normal seperti sebelum adanya Covid-19. (ino)