Umum

Pemdes Kenaiban Juwiring Dukung Usaha UMKM

Klaten, saktenane.com

Pemerintah Desa Kenaiban, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten mendukung berkembangnya usaha UMKM di wilayahnya. Hal itu disampaikan Kepala Desa Kenaiban saat bersilaturahmi di salah satu usaha UMKM yang ada di desa setempat.

Kepala Desa Kenaiban, Toni Cahyo Nugroho mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya terhadap berkembangnnya usaha UMKM di wilayahnya. Karena dengan berkembangnya usaha UMKM tentu saja menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan warga.

“Kita dukung, kita permudah perijinan ditingkat desa, kita juga berupaya untuk mencarikan akses bantuan permodalan bagi pelaku usaha UMKM disini,” ujar Toni, Selasa (27/10/2020) siang.

Ia menyatakan, pemerintah desa bisa menjadi jembatan penghubung antara pelaku UMKM dengan pemerintah kabupaten, provinsi maupun pemerintah pusat.

Sementara itu pelaku UMKM yang sudah tergolong usaha menengah, Wahyu menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa dan pemerintah kabupaten yang telah memberikan segala kemudahan dalam menjalankan usahanya.

“Saya memulai usaha sejak tahun 2009, bermula dari jualan asongan di pasar-pasar daerah Wonogiri seperti Purwantoro, Ngadirojo, Batu dan sebagainya,” ucap pemilik The Ghomball 44 ini.

Wahyu menyebutkan, sekarang ia sudah menjadi leader yang punya mitra usaha binaan sebanyak 80 rumah konveksi. Sedangkan ditempat usahanya, ada tenaga kerja sebagai karyawan sejumlah 42 dan penjahit sebanyak 300 orang.

” Hasil dari produksi The Ghomball ini antara lain, kain sprei, selimut, karpet, keset, handuk, tirai magnet, bantal dan lainnya, ” pungkasnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment