Umum

Pemulihan Ekonomi Masyarakat Jadi Prioritas RKPDes Desa Serenan Tahun 2021

Klaten, saktenane.com

Pemulihan ekonomi masyarakat melalui program Padat Karya Tunai menjadi prioritas RKPDes Desa Serenan Tahun 2021. Hal ini menjadi kesepakatan dalam musyawarah desa (Musdes) Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020 dan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2021 yang bertempat di aula desa setempat, Selasa (03/11/2020) pagi.

Kepala Desa Serenan, Sri Suhadi mengatakan, Musdes adalah proses musyawarah antara badan permusyawaratan desa (BPD), pemerintah desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal yang bersifat strategis.

“Musyawarah adalah forum pengambilan keputusan yang sudah dikenal sejak lama dan menjadi bagian dari dasar negara Indonesia. Sila keempat Pancasila menyebutkan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,” ujar Sri Suhadi.

Kades Serenan mengungkapkan, ada beberapa kegiatan yang harus diprioritaskan dalam RKPDes Tahun 2021. Diantaranya, penanganan Covid-19, pencegahan stunting dan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Untuk pemulihan ekonomi masyarakat, dalam musdes diputuskan, di dlm RKPDes Desa Serenan Tahun 2021 ada kegiatan Padat Karya Tunai dan juga pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, pemulihan ekonomi masyarakat nantinya akan diwujudkan dalam bentuk kegiatan pembangunan betonisasi jalan.

“Nanti tenaga kerjanya adalah masyarakat setempat dengan penerapan padat karya tunai sehingga bisa membantu warga yang tidak punya penghasilan akibat pandemi,” terang Pak Kades.

Ia menambahkan, di Tahun Anggaran 2021 direncanakan juga pembangunan kios-kios untuk memberikan lokasi usaha bagi masyarakat Desa Serenan.

“Disamping menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, juga mendatangkan PAD dari hasil sewa kios tersebut,” imbuhnya. (ino)