Umum

Niat Ibadah, Kades Tirtomarto Bina KWT

Klaten, saktenane.com

Meniatkan diri untuk ibadah, Kepala Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten membina KWT (Kelompok Wanita Tani) di desa setempat.

Kepala Desa Tirtomarto, Agung Nugroho menyampaikan, program pembentukan dan pembinaan KWT ini diniatkan untuk ibadah.

“Bagi yang punya lahan pekarangan, dipinjamkan untuk KWT tanpa meminta uang sewa, itu sudah merupakan ibadah. Bagi anggota KWT mencari ilmu (tholabul ilmi) juga ibadah. Disisi lain juga untuk mengurangi gibah atau rasan-rasan,” ungkap Agung, Selasa (17/11/2020).

Ia menjelaskan, dengan adanya KWT di desa setempat, ternyata mampu untuk membantu menjaga ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19 ini.

“Hasil panen dijual untuk masyarakat sendiri. Saat ini untuk mencukupi kebutuhan di lingkungan sendiri saja belum mencukupi,” ujarnya.

Agung Nugroho menyebutkan, di Desa Tirtomarto ada 8 KWT yang tersebar di 6 dukuh. Masing-masing anggota KWT jumlahnya beragam, antara 15 sampai dengan 40 orang.

” Dk. Sidorejo ada 2 KWT, Dk. Jetis 1 kelompok, Dk. Tirtomarto ada 1 KWT, Dk. Pundungsari 1 KWT, Dk. Tegalkiringan 1 KWT , Dk. Gunden ada 1 KWT dan 1 KWT lagi dibawah naungan TP PKK desa,” terangnya.

Ia menambahkan, semuanya yang dilaksanakan oleh KWT, berorientasi pola tanam organik. Adapun kegiatan yang dilakukan yakni membuat kompos, pupuk cair organik dan cara mengaplikasikan pupuk tersebut. Dalam kegiatannya KWT didampingi PPL Kecamatan Cawas.

” Jenis tanaman sayur yang ditanam diantaranya, pakcoy (sawi sendok), sawi hijau, kembang kol, aneka cabe, cabe besar, cabe rawit, kacang panjang, kangkung, bayam merah, terung hijau, tering ungu dan sebagainya,” imbuhnya.

Untuk saat ini, menurut Agung, ia memberikan dana stimulan sebesar 1 juta rupiah untuk setiap KWT dari dana pribadi.

” Sementara dengan dana pribadi, untuk kedepan akan dianggarkan dari APBDes, manakala masyarakat serius menangani KWT,” pungkasnya. (ino)