Wisata

Tol Sawah Desa Pundungan Akan Segera Terwujud

Klaten, saktenane.com

Tol Sawah merupakan konsep penataan lingkungan yang ada di Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Ide dan gagasan Kepala Desa Pundungan yang cerdas ini akan segera diwujudkan.

Kepala Desa Pundungan, Danang Setiawan menjelaskan, Tol Sawah merupakan jalan raya yang akan menghubungkan area pertanian di semua wilayah Desa Pundungan.

“Karena nantinya jalan tersebut panjang, lebar dan mulus serta kanan kirinya rindang seperti jalan tol, maka dinamakan tol sawah. Tapi Tol Sawah tidak berbayar,” jelas Danang, Kamis (19/11/2020).

Danang menyebutkan, nantinya di ujung jalan yang merupakan pintu masuk menuju Desa Pundungan akan dibangun gapura yang megah.

“Disetiap persimpangan jalan akan dibangun gubuk tani. Nantinya sebagai tempat istirahat (rest area) dan tempat bertemunya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan petani untuk melakukan penyuluhan maupun diskusi tentang permasalahan yang dihadapi petani,” ujarnya.

Untuk mewujudkan Tol Sawah, menurut Danang, pihaknya harus membangun sarana prasarana jalan yang lurus dan lebar, sepanjang 3.327 meter dan talud jalan sepanjang 2.863 meter serta talud irigasi sepanjang 5.140 meter.

“Di sepanjang jalan juga harus ada tanaman hijau sebagai perindang namun yang akarnya tidak merusak talud jalan. Secara bertahap akan segera dimulai pengerjaan,” ungkapnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment