Umum

Tanggul Jebol, 40 Hektar Sawah di Desa Burikan Terendam Banjir

Klaten, saktenane.com

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Klaten, Rabu ( 06/01/2021) siang, membuat tanggul Kali Gamping yang berada di Desa Burikan, Kecamatan Cawas tidak kuat menahan tekanan air sehingga tanggul tersebut jebol di 2 titik lokasi yang berbeda dan menggenangi sawah seluas kurang lebih 40 hektar.

“Ada 2 titik lokasi yang jebol, titik pertama sepanjang kira-kira 35 meter, dan titik kedua sepanjang kurang lebih 25 meter,” ujar Kepala Desa Burikan, Surata, Rabu (06/01/2021) petang.

Akibat tanggul jebol tersebut, menurut Surata, 40 hektar lahan pertanian terendam banjir. Sampai saat ini jumlah kerugian petani akibat tamggul jebol ini belum bisa diketahui.

“Padahal tananam padi sudah berumur 50 hari, sudah pada bunting, sebentar lagi mrekatak. Semoga cepat surut,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Klaten untuk penanganan tanggul yang jebol tersebut.

” Alhamdulillah dari BPBD menyiapkan bronjong kawat sebanyak 100 buah, besok pagi akan kami ambil dan akan kami isi dengan batu untuk membendung tanggul yang jebol,” kata Surata.

Ia menambahkan, 3 hari kedepan, sembari menunggu air surut, pemerintah desa bersama petani, masyarakat dan dibantu para relawan akan mengadakan gotong royong untuk membendung tanggul yang jebol.

“InsyaAllah hanya area persawahan yang tergenang, tidak sampai masuk ke pemukiman warga,” imbuhnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment