Umum

Relawan Ring 1 Juwiring, Selalu di Garis Depan Saat Pemakaman Dengan Protokol Covid-19

Klaten, saktenane.com

Relawan Ring 1 Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten selalu di garis depan saat ada pemakaman warga dengan menerapkan protokol Covid-19. Relawan Ring 1 anggotanya terdiri dari relawan-relawan yang berada di 19 desa se-Kecamatan Juwiring.

Salah seorang anggota relawan Ring 1, Wakidi menyampaikan, Relawan Ring 1 Juwiring di setiap desa yang berada di wilayah Kecamatan Juwiring, semua ada.


” Disetiap desa ada 1 sampai 2 orang dan dari Desa Ketitang ada 7 orang.
Tugas kami melakukan penyemprotan disinfektan, operasi yustisi dan melakukan pemakaman orang meninggal di wilayah Kecamatan Juwiring yang menerapkan protokol Covid-19,” ujar Wakidi, Rabu (27/01/2021) siang.

Ia menyebutkan, untuk relawan khusus pemakaman berjumlah 9 orang, yakni Wakidi (Kasi Pemerintahan Desa Kenaiban),
Saiful (Perangkat Desa Jetis),
Rustam (Perangkat Desa Trasan),
Kadafi (Perangkat Desa Jaten),
Wawan (Perangkat Desa Pundungan),
Junaroh (Perangkat Desa Tanjung) dan Joko Suharto (Perangkat Desa Ketitang).


” Sedangkan untuk Tim Relawan Desa Ketitang ada 5 orang,” jelasnya.

Wakidi mengatakan, sebagai relawan Ring 1 Juwiring merupakan panggilan hati untuk menolong sesama, walaupun harus mengorbankan waktu dan tenaga.

” Misalnya saat pemakaman di Desa Tanjung, pas maghrib dikabari, langsung cek lokasi dan sampai pukul 24.00 WIB stand by, karena sopir ambulance kirim ke daerah lain,” ungkapnya.

Ia menambahkan, walaupun melakukan pemakaman bagi warga yang positif Covid-19, dirinya tidak takut tertular karena menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan setelah prosesi pemakaman juga dilakukan sterilisasi di kantor BPBD.

“Selain menangani Covid, kami juga menangani masalah sosial lainnya, seperti pembersihan sungai dari sampah,” imbuhnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment