Umum

Vaksinasi Nakes Wonogiri Capai 50,47% Dari Target

Wonogiri, saktenane.com

Cakupan vaksinasi Covid-19 di hari kedua pelaksanaan vaksinasi kepada tenaga kesehatan (nakes) di Wonogiri telah mencapai 50,47% dari target. Berdasarkan data yang diolah Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, jumlah nakes yang telah divaksin per tanggal 27 Januari 2021 pukul 21.00 WIB adalah sebanyak 1.889 orang.

Dihubungi lewat telepon, Kamis (28/01/2021) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Adi Dharma membenarkan hal tersebut.

Dia menyebutkan, sasaran vaksin yang terdaftar pada tahap satu adalah 3.766 orang. Dari jumlah tersebut, yang telah melakukan registrasi ulang dan bersedia divaksin sejumlah 3.743 orang. Namun, 162 orang terpaksa menunda jadwal vaksin dan 240 orang lainnya batal divaksin karena alasan medis.

“Ya antara lain karena kondisi kesehatan, tekanan darah tinggi, ibu hamil dan menyusui belum diperkenankan menerima vaksin,” kata Adi Dharma.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Wonogiri, Teguh Setiyono mengatakan, Pemkab Wonogiri masih menunggu kedatangan vaksin tahap berikutnya untuk didistribusikan kepada kelompok prioritas selanjutnya.

“Ada sekitar 730.000 orang atau sekitar 70% dari total penduduk di Wonogiri yang akan divaksin secara bertahap. Vaksin yang datang disimpan di tempat khusus yang sudah disediakan Kantor Dinas Kesehatan Wonogiri. Sudah ada alat penyimpanan yang telah diperiksa BPOM. Selain itu juga akan dilakukan pengamanan dari unsur TNI-Polri,” terangnya.

Seperti disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri Selasa lalu di RSUD dr Soediran, Pemkab Wonogiri telah menerima distribusi Vaksin Sinovac sejumlah 7.480 dosis vaksin bagi pejabat publik dan nakes di Wonogiri. Vaksinasi dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap satu yang disebut Vaksin Cov-1 sebanyak 3.740 dosis dan pengulangan penyuntikkan tahap dua yang disebut Vaksin Cov-2 disuntikkan 14 hari sesudah pemberian vaksin pertama.