Umum

BUMDes Maju Makmur Desa Ketitang Bakal Punya Pangkalan Gas Elpiji

Klaten, saktenane.com

BUMDes Maju Makmur Desa Ketitang bakal mempunyai unit usaha pangkalan gas elpiji. Sekarang memang saatnya desa berinvestasi agar kedepan saat dana desa sudah tidak dikucurkan lagi oleh pemerintah pusat, desa bisa mandiri.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Ketitang, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Pemerintah desa setempat selalu menganggarkan penyertaan modal untuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di setiap tahun anggaran.

Kepala Desa Ketitang, Yuliadi menyampaikan, pihaknya selalu mendukung berkembangnya BUMDes. Untuk itu, selalu dianggarkan penyertaan modal setiap tahunnya.

“Di tahun anggaran 2021, pemerintah desa menganggarkan penyertaan modal BUMDes, yang rencananya akan digunakan untuk mengurus ijin pangkalan gas elpiji 3 kilogram,’ ungkap Yuliadi, Rabu (10/02/2021) siang.

Ia menjelaskan, saat ini BUMDes Maju Makmur sudah menjadi pengecer gas elpiji 3kg, melihat prospek kedepan yang cukup bagus, maka pengurus BUMDes menginginkan untuk menjadi pangkalan gas elpiji 3 kg.

“BUMDes kedepan akan menjadi tulang punggung pemerintah desa untuk mendatangkan PAD, semakin berkembang suatu BUMDes tentu semakin besar mendatangkan PAD bagi desa,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini BUMDes Maju Makmur sudah mempunyai toko sembako di Dk. Bagusan. Kedepan, kalau BUMDes sudah menjadi pangkalan gas, toko-toko pengecer gas di Desa Ketitang dan sekitarnya bisa mengambil gas dari BUMDes.

“Tentu saja dengan mengambil gas di pangkalan milik BUMDes, harga jual gas di pengecer bisa lebih terkendali. Mereka harus jual dengan harga yang sewajarnya,” jelasnya. (ino)