Umum

100 Lansia Warga Desa Kujon Disuntik Vaksin Covid-19

Klaten, saktenane.com

100 warga Desa Kujon, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, yang sudah lanjut usia (lansia) disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Vaksinasi Covid-19 dilakukan oleh bidan desa setempat dan tim medis dari Puskesmas Ceper. Adapun vaksinasi dilaksanakan di aula kantor desa setempat, Senin (15/03/2021) pagi.

Kepala Desa Kujon, Sumardi Mardiyanto mengatakan, warga desa setempat yang sudah tergolong lansia dilakukan vaksinasi untuk pencegahan agar tidak tertular virus Covid-19.

“Ada 100 lansia yang divaksin hari ini, warga yang berada 31 RT dan 12 RW yang ada di desa kami,” ujarnya.

Ia berharap warga Desa Kujon terutama yang sudah lansia, bisa memiliki kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19.Dimana lansia termasuk golongan yang rentan terhadap virus ini.

“Walaupun sudah divaksin namun harus tetap menaati protokol kesehatan, karena vaksin tidak 100% melindungi dari virus Covid-19,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ceper, dr Ariani Mardiastuti menyampaikan, warga yang dilakukan vaksinasi dosis pertama hari ini adalah warga yang termasuk lanjut usia, yakni usia sudah di atas 60 tahun.

“Setelah vaksinasi, tidak ada gejala pasca pemberian vaksin, namun tetap harus menerapkan 5M, karena vaksin akan memberikan kekebalan optimal setelah 2 minggu sampai 1 bulan setelah disuntikan,” jelasnya.

Untuk vaksinasi dosis kedua, menurut dr Ariani, akan dilakukan pada tanggal 12 April 2021, setelah 28 hari pemberian vaksin dosis pertama.

“Setelah vaksin kedua, diharapkan sudah terbentuk imun, karena lansia termasuk dalam golongan yang rentan tertular Covid-19,” ucapnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment