Umum

Tingkatkan Pendapatan Ibu-Ibu, Desa Pokak Gelar Lomba Hatinya PKK

Klaten, saktenane.com

Untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga disaat pandemi, Tim Penggerak PKK Desa Pokak, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, gelar lomba Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Senin (15/03/2021) pagi.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pokak, Apriliana menjelaskan, Hatinya PKK merupakan kegiatan dari PKK, dan menjadib program kerja Pokja 3, yakni pemanfaatan pekarangan di sekitar rumah dengan menanami tanaman hias dan tanaman produktif.

“Tujuanya untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga. Supaya tidak usah membeli sayuran, bahkan malah bisa menjualnya ke tetangga apabila hasil panennya banyak. Apalagi di saat pandemi ini juga agar mereka tetap di rumah saja, mengurusi tanaman yang menghasilkan,” ujar Apriliana.

Ia menyebutkan, lomba ini diikuti oleh ibu-ibu di 7 RW yang berada di Desa Pokak. Mereka sebelumnya sudah diberikan bibit tanaman dari PKK desa untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

“Sudah diberi bantuan bibit sayuran cabai, tomat, sawi dan terong untuk ditanam,” ungkapnya.

Adapun kriteria penilaian lomba, menurut Apriliana, ada 4 kriteria, yakni macam tanaman, kebersamaan dan keterlibatan anggota, pemeliharaan dan keindahan lokasi.

Sementara itu, Kepala Desa Pokak, Hj Soetjiati mengatakan, dalam lomba Hatinya PKK ini akan diambil juara 1,2 dan 3 serta juara harapan 1,2,3 dan 4.

“Hadiah juara 1 sebesar 500 ribu rupiah, juara 2 senilai 400 ribu rupiah, juara 3 sebanyak 300 ribu rupiah dan juara harapan masing-masing 250 ribu rupiah,” ucapnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment