Umum

Awas Vaksin Ilegal

Klaten, saktenane.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten meminta masyarakat yang ingin vaksinasi Covid-19 secara mandiri agar bersabar. Hingga saat ini program vaksinasi secara mandiri belum tersedia di Kabupaten Klaten.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Klaten, Anggit Budiarto mengatakan saat ini suplai vaksin yang diterima oleh Dinkes Klaten digunakan untuk menyelesaikan sasaran prioritas vaksinasi. Yaitu tenaga kesehatan, petugas di layanan publik, dan masyarakat lansia.

“Belum ada vaksinasi mandiri. Saat ini vaksin diberikan kepada sasaran prioritas terlebih dahulu,” ungkapnya, Kamis, (25/03/2021).

Menurutnya bila ada layanan vaksin yang bisa diakses secara mandiri di Kabupaten Klaten, bisa dipastikan layanan tersebut ilegal. Bahkan, vaksin yang digunakan bisa dipertanyakan keasliannya.

“Belum ada peraturan yang mendasari vaksinasi mandiri, vaksin masih untuk program dan jika ada layanan yang melakukan vaksinasi mandiri itu masih ilegal dan vaksinnya dipertanyakan,” paparnya.

Ia menambahkan, hingga selasa (23/3/2021) distribusi vaksin Covid-19 Kabupaten Klaten mencapai kumulatif 30.819 dosis untuk dosis pertama dengan sasaran 8.411 orang tenaga kesehatan, 5.818 orang di layanan publik, dan 16.590 lansia.

“Sedangkan pemberian dosis kedua kumulatif 9.889 dosis, dengan sasaran 7.996 orang tenaga kesehatan, 1.893 orang di layanan publik,” imbuhnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment