Umum

99 Warga Desa Tirtomarto Terima BLT DD Langsung Untuk Beli Sembako

Klaten, saktenane.com

99 warga Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) salur 1 untuk bulan Januari 2021. Acara penyaluran BLT DD tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan di aula milik desa setempat, Rabu (31/03/2021) pagi.

Yang unik, warga yang menerima BLT DD langsung membelanjakan sebagian uang yang diterimanya untuk membeli paket sembako yang dijajakan oleh BUMDes setempat dengan harga yang lebih terjangkau.

Kepala Desa Tirtomarto, Agung Nugroho mengatakan, jumlah warga desa setempat ada 850 Kepala Keluarga (KK), sedangkan yang menerima BLT DD ada 99 KK.

“Yang menerima BLT DD ini memang pantas dan berhak untuk menerimanya. Mereka akan mendapatkan uang tunai 300 ribu rupiah,” ujar Agung Nugroho.

Ia menjelaskan, untuk penyaluran BLT DD, Tirtomarto termasuk tahap awal dibanding desa-desa yang lain. Untuk saat ini merupakan salur untuk bulan Januari, untuk bulan Februari dan Maret akan segera menyusul.

“BLT DD digunakan untuk ketahanaan pangan, tidak untuk kebutuhan konsumtif maupun untuk membeli kebutuhan sandang,” ungkapnya.

Mengenai warga yang langsung membeli paket sembako seusai menerima bantuan, menurut Agung, warga yang menerima BLT memang membutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Ini terobosan marketing BUMDes, mereka menawarkan paket sembako dengan harga yang lebih murah dibanding harga di toko. Satu paket dijual dengan harga 80 ribu rupiah,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu warga Dk Jetis yang menerima BLT DD, Legiyem (60) merasa senang dengan adanya paket sembako yang dijual oleh BUMDes.

“Saya senang, harganya lebih murah dan nggak perlu jauh-jauh belanja kebutuhan pokok. Satu paket sudah ada minyak goreng, gula pasir, gula batu, mi instan dan teh,” ucapnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment