Umum

Agar Tak Tertular Covid-19, Lansia Desa Mendak Disuntik Vaksin

Klaten,  saktenane.com

Untuk memberikan kekebalan terhadap  virus Covid-19, warga Desa Mendak,  Kecamatan Delanggu,  Kabupaten Klaten yang termasuk dalam kelompok lanjut usia (lansia), mendapatkan vaksinasi Covid-19. Adapun pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh tim medis dari Puskesmas Delanggu, bertempat di kantor Desa Mendak,  Rabu (05/05/2021) pagi. 

Kepala Desa Mendak, Agung Hartana mengatakan, untuk vaksinasi lansia kali ini, Desa Mendak mendapatkan kuota 60 lansia, diseleksi dari 4 RW yang ada di desa setempat,  masing- masing 15 lansia.  

“Lansia termasuk kelompok yang rentan terinfeksi virus Covid-19, untuk itu harus mendapatkan kekebalan dengan cara vaksinasi,” ujarnya,  Rabu (05/05/2021) pagi. 

Ia menjelaskan, dengan vaksinasi, warga akan mendapatkan kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 tanpa menunggu harus terinfeksi terlebih dahulu.

“Jadi vaksinasi itu manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri,  tapi juga untuk orang banyak. Tidak perlu ragu dan takut untuk divaksin,” tandasnya. 

Sementara itu,  bidan desa setempat, Ericha Ivanasari menyampaikan, sebenarnya kuota vaksinasi lansia Desa Mendak 60 orang,  namun setelah dilakukan screening, hanya 44 orang yang bisa menerima vaksinasi. 

“Alhamdulillah semua berjalan lancar,  tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Untuk dosis kedua akan dilaksanakan tanggal 2 Juni 2021,” jelasnya.  (ino