Umum

Setiap Enam Bulan, Balita di Desa Bowan Diberi Obat Cacing

Klaten, saktenane.com
Setiap enam bulan, Balita di Desa Bowan, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, diberi obat cacing. Pada saat Bulan Februari dan Agustus Posyandu di desa setempat memberikan vitamin A dan obat cacing kepada seluruh balita.

Ketua TP PKK Desa Bowan, Ny. Endang Praptono mengatakan, setiap tahun 2 kali, yakni di bulan Februari dan Agustus, posyandu desa setempat selalu memberikan Vitamin A dan Obat cacing bagi balita.

“Disamping itu, secara rutin setiap bulan diadakan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan pemberian makanan tambahan (PMT),” ujarnya.

Ia menyebutkan, di Desa Bowan ada 5 kelompok penimbangan balita yang berada di masing-masing dukuh. Di setiap kelompok penimbangan ada 5 kader posyandu.

“Posyandu Melati 1 sampai 5 masing-masing berada di Dukuh Kernen-Kepoh, Dukuh Ngranyu, Dukuh Bowan, Dukuh Beku dan Dukuh Klegen-Kliwonan,” jelasnya.

Kader Posyandu Nurma Damayanti menjelaskan, karena situasi masih pandemi dan juga dengan adanya PPKM Mikro, maka pelaksanaan posyandu diatur sedemikian rupa agar protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

“Waktu diatur agar tidak menimbulkan kerumunan. Di posyandu Melati 1 ada 37 balita, Melati 2 ada 23 balita, Melati 3 ada 13 balita, Melati 4 ada 16 balita. Total balita di Desa Bowan saat ini jumlahnya sebanyak 120 balita,” ungkapnya.

Ia berharap, semua balita terpenuhi gizinya, terpantau kesehatannya dan menjadi anak yang cerdas. Untuk mencapai semua itu, maka diadakan Kelas Balita dan Kelas Ibu Hamil. (ino)