Umum

Cegah Penyebaran Covid-19, Desa Juwiran dan Jetis Gencarkan Operasi Masker

Klaten, saktenane.com
Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten menggelar operasi masker yang dilaksanakan di jalan utama depan kantor desa, Selasa (15/06/2021) pagi.
Operasi masker yang dipimpin langsung oleh Kades Juwiran Santoso AMK ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB.

Kepala Desa Juwiran Santoso AMK didampingi Kaur Perencanaan Muhammad Andi Prasetya menyampaikan, giat operasi masker dan sosialisasi kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan ini melibatkan Satgas Desa Desa Juwiran bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Ia menerangkan, tujuan giat operasi masker ini guna meningkatkan kepatuhan penerapan protokol kesehatan masyarakat Desa Juwiran.

“Dalam giat ini terjaring jumlah pelanggar yang tidak memakai mas ker 15 orang,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam operasi masker kali ini, tidak diadakan penyitaan identitas diri namun hanya diberikan sanksi hukuman push up.

“Kami tidak melakukan penyitaan KTP maupun identitas diri lainnya, kami pada intinya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Desa Jetis, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten juga menggelar kegiatan serupa.
Di jalan depan Kantor Desa Jetis juga digelar operasi masker. Satgas Desa bersama Babinsa dan kader PKK menemukan sejumlah warga yang tidak memakai masker.

Kades Jetis Slamet Witoyo didampingi Kasi Pelayanan Syaiful AS menegaskan, operasi masker ini dilakukan guna memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjaga jarak, tidak berkerumun dan mengurangi mobilitas ,” imbaunya.

Dalam operasi masker di Desa Jetis ini ditemukan sebanyak delapan pelanggar yang kedapatan tidak memakai masker. Warga yang terjaring operasi ini diberikan masker dan sekaligus ditekankan pemahaman akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. (ino)