Umum

Gagal Bayar, Koperasi Simpan Pinjam di Klaten Digeruduk Nasabahnya

Klaten, saktenane.com

Akibat gagal bayar terhadap dana nasabah yang akan dicairkan, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera Bersama digeruduk nasabahnya. Mereka mendatangi kantor KSP Sejahtera Bersama Klaten yang terletak di Jalan  Veteran No. 246, Sangkalputung, Klaten, Senin (04/10/2021)sekira pukul 10.00 WIB.

Kedatangan para nasabah tersebut diterima oleh Pimpinan KSP Sejahtera Bersama Klaten Muryanto dan diadakan dialog mengenai permasalahan yang terjadi antara pihak KSP dan para nasabah.

Salah satu nasabah, Sudirin mengatakan, kedatangan mereka untuk meminta kejelasan dari pihak koperasi setelah para nasabah tak bisa mencairkan dana mereka sejak beberapa bulan terakhir.

“Agar tidak terjadi kerumunan, oleh aparat  kepolisian, kami diminta hanya perwakilan 10 orang saja, tidak boleh lebih. Padahal nasabah sangat banyak dan dana yang tidak bisa dicairkan  mencapai miliaran rupiah,” ujarnya.

Ia menyatakan,  sudah menabung selama empat tahun dan uang di tabungannya sudah mencapai 200 juta rupiah, namun kini  tak bisa diambil per semester. 

“Ini kan tabungan berjangka, seharunya uang sudah bisa diambil sejak Juni-Juli namun hingga sekarang tak bisa dicairkan,” jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan KSP Sejahtera Bersama Klaten, Muryanto menjelaskan, kondisi pandemi membuat para investor menunda kerja sama sehingga pencairan dana nasabah akan dilakukan per skema pada Juli hingga Desember 2021.

“Kalau sampai Desember belum bisa cair, ya kita menunggu info lebih lanjut dari kantor pusat,” ungkapnya. (ino)