Umum

Punya TPS 3R, Warga Desa Bentangan Wajib Memilah Sampah

Klaten, saktenane.com

Semenjak dibangunnya TPS 3R (Tempat Pengolahan Sampah dengan basis Reduce, Reuse dan Recycle) oleh pemerintah Kabupaten Klaten, warga Desa Bentangan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten wajib memilah sampah sejak dari rumah tangga.

Kepala Desa Bentangan, Samiyono menjelaskan, karena saat ini sampah merupakan permasalahan bagi masyarakat, maka pihaknya mengusulkan dibangun Tempat Pengolahan Sampah ke pemerintah Kabupaten Klaten.

“Alhamdulillah akhir tahun 2019 sudah terealisasi. Melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten, kami mendapatkan bangunan TPS 3R lengkap dengan mesin pengolahan sampah dan 2 kendaraan roda tiga untuk mengangkut sampah,” ujar Samiyono, Rabu (13/01/2021) siang.

Dengan adanya TPS 3R ini, menurut Samiyono, masyarakat wajib memilah sampah sejak dari rumah tangga masing-masing, sehingga tidak menyulitkan petugas di TPS.

” Sampah sudah harus dipilah, yakni sampah organik, sampah kertas, sampah plastik, sampah botol dan kaca, sampah berbahaya serta sampah popok dan pembalut,” jelasnya.

Ia memaparkan, Pengolahan Sampah Berbasis 3R  yang berbasis masyarakat, merupakan pengelolaan sampah secara terpadu dengan melaksanakan pengelolaan sejak dari sumbernya. 3R adalah upaya yang meliputi kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle).

“Jadi yang paling penting adalah edukasinya, masyarakat harus mengurangi sampah, caranya kalau memang barang bekas masih bisa dipakai, ya dipakai lagi, kalau tidak bisa dipakai, dibawa ke TPS untuk didaur ulang,” terangnya.

Ia berharap pemerintah Kabupaten Klaten memberikan bantuan untuk perbaikan jalan menuju lokasi TPS 3R, mengingat saat ini jalan tersebut masih merupakan jalan tanah, sehingga saat musim penghujan sangat menyulitkan para petugas untuk mengangkut sampah ke TPS. (ino)