Umum

Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kuncen Bersinergi Dalam Penerapan PPKM Mikro

Klaten, saktenane.com

Perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, bersinergi dalam penerapan PPKM berskala Mikro di wilayah desa setempat.

Hasil dari sinergitas tersebut membuahkan hasil wilayah Desa Kuncen menjadi Zona Hijau Covid-19. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Kuncen, Muryadi di sela-sela acara penetapan harga ganti kerugian lahan akibat terkena proyek Jalan Tol Solo-Kulonprogo di aula kantor desa setempat, Selasa (09/03/2021)pagi.

Ia mengatakan, saat ini Desa Kuncen masuk dalam Zona Hijau Covid-19. Artinya, saat ini tidak ada warga desa setempat yang terpapar Covid-19.

“Alhamdulillah, berkat sinergitas Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta didukung oleh BPD, Ketua RT, Ketua RW, Linmas, tokoh masyarakat, karang taruna dan juga kader PKK, desa kami sekarang Zona Hijau,” ujar Muryadi.

Sementara itu Sekretaris Desa Kuncen, Rusdi mengatakan, untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, pemerintah desa melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah secara rutin dan kontinyu.

“Juga dilakukan operasi masker oleh Gugus Tugas Covid-19 tingkat desa, yang didukung oleh Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Ceper dan TNI-Polri secara rutin,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Bhabinkamtibmas Desa Kuncen, Aiptu Herman menyebutkan, dalam pelaksanaan PPKM berskala Mikro, pemerintah desa menyiapkan Posko PPKM Mikro, Posko Kesehatan, Dapur Umum dan Rumah Isolasi Mandiri.

“Logistik berupa paket sembako juga siap, akan diberikan apabila ada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah,” ucapnya.

Babinsa desa setempat, Serda Suparman menjelaskan, tujuan diadakan Posko PPKM berskala mikro adalah untuk menyamakan persepsi gugus tugas yang ada di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Paling utama adalah sosialisasi dan edukasi warga, agar dengan kesadaran sendiri mau mentaati protokol kesehatan dengan menerapkan 5M,” tandasnya. (ino)