Umum

PPDI Klaten Bakal Upayakan Kesejahteraan Perangkat Desa Setelah Purna Tugas

Klaten, saktenane.com

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Klaten bakal upayakan kesejahteraan perangkat desa setelah purna tugas. Hal itu disampaikan Ketua PPDI Kabupaten Klaten terpilih, Bambang Heru Subroto, sesaat setelah dirinya terpilih kembali untuk memimpin PPDI Kabupaten Klaten.

Ia terpilih lagi untuk memimpin PPDI Cabang Klaten untuk lima tahun kedepan dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-2 PPDI Kabupaten Klaten di Pendopo Pemkab Klaten, Sabtu (13/03/2021).

Bambang Heru Subroto mengatakan, untuk saat ini penghasilan perangkat desa sudah dianggap cukup. Yang perlu diperhatikan adalah kesejahteraan mereka disaat nanti setelah purna tugas.

“Kedepannya, saya harus memikirkan kesejahteraan perangkat desa yang purna tugas maupun santunan bagi yang meninggal,” ujar Bambang.

Saat ini, menurut Bambang, dari pemerintah belum ada yang menyikapi akan hal itu. Kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan bupati maupun stakeholder yang ada untuk mewujudkan hal itu.

“Perangkat desa itu mengabdi sampai usia 60 tahun, pada saat purna tugas agar mendapatkan pesangon atau tali asih yang layak dari pemerintah. Atau jika meninggal dunia juga mendapatkan santunan yang layak,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, PPDI berhasil memperjuangkan adanya Dana Desa di masa pemerintahan bapak SBY dan Penghasilan Tetap ( Siltap) bagi kepala desa dan perangkat desa pada masa kepemimpinan presiden Jokowi.

Sementara itu, Sekretaris PPDI Kabupaten Klaten, Rusmanto menjelaskan, kedepan kepengurusan PPDI Klaten akan memperjuangkan peningkatan kesejahteraan anggotanya, antara lain akan mendirikan badan usaha bersama dan pengajuan atau usulan kepada pemerintah berupa dana pensiun setelah purna tugas.

“Kami akan mengajukan permohonan kepada pemerintah, agar setiap perangkat desa yang ketika memasuki masa purna tugas mendapatkan dana pensiun,” ucapnya.

Untuk diketahui, formatur yang dipimpin oleh Bambang Heru Subroto, berhasil membentuk kepengurusan PPDI Kabupaten Klaten untuk periode tahun 2020-2025. Pengurus PPDI Kabupaten Klaten diketuai oleh Bambang Heru Subroto, sedangkan Rusmanto sebagai Sekretaris dan Diyoko sebagai Bendahara. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment